Creative Writing

200 Pena Cerdas Berbicara: PRE-EVENT IIBF 2023 PUTARAN KE II

DI SEKOLAH ABDI SISWA PATRA JAKARTA

Wajah-wajah ceria membunga
Ratusan pasang berbinar bola mata
Sosok-sosok energik duduk disiplin rapi
Aura antusias menebari aula gilar wangi

Demikian suasana yang tampak pagi itu, 7 Agustus 2023 di Aula Sekolah Abdi Siswa Patra Jakarta Barat, sebagai tuan rumah Pre-Event IIBF 2023 Putaran II. Acara yang digelar adalah Writing Workshop Tips Memenangi Lomba Menulis Reportase Wisata Literasi IIBF 2023 yang akan digelar dari tanggal 27 – 30 September 2023 di ICE BSD Tangerang Selatan. Pengumuman Pemenang Lomba tersebut 1 Oktober 2023, pukul 19.00 WIB pada penutupan IIBF 2023.

Ada sekitar 200 pelajar bersama guru pendamping dari 13 SMP mengikuti workshop tersebut yang dibuka oleh Bapak Wahyu Rianto selaku perwakilan dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) sebagai penyelenggara IIBF (Indonesia International Book Fair) sejak tahun 1980. Hadir pula para pimpinan Yayasan dan Sekolah Abdi Siswa yang memfasilitasi event: Bapsk . Drs. Ferdinandus Kadarmanto selaku Sekretaris Eksekutif Yayasan Abdi Siswa, Ibu Fransiska Driartanti, S.Pd. CT. CCH. selaku Direktur Pendidikan, Ibu Maria Kartini selaku kepala Biro Keuangan, ibu Agustina Retno Indriastuti, S.Pd. Selaku Kepala Sekolah SMP Abdi Siswa dan Santarita Dwi Astarini, S. Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Abdi Siswa

Naning Pranoto sebagai mentor writing workshop didampingi Shinta Miranda begitu semangat menyampaikan materi menulis reportase. Perempuan Pegiat Literasi, Sastrawati dan Perintis Creative Writing di Indonesia itu kebetulan mantan wartawan jadi kala memberikan tips untuk memenangi lomba menulis reportase caranya amat praktis dan taktis. Hasilnya, peserta writing workshop jadi antusias dan semangat kala diajak lomba spontan dengan rumus 5W+1H, meliput acara pagi itu. Hanya dalam waktu 20 menit peserta mampu menulis liputannya. Terpilih 10 karya terbaik dan mendapat hadiah buku karya Naning Pranoto.
“Event luar biasa. Kerjasama yang apik antara pelajar, Yayasan Abdi Siswa, Rayakultura dan IKAPI.” ucap Bapak Wahyu Rinanto dalam sambutannya.
“Waahhh….anak-anak antusias sekali. Semua semangat dari awal sampai selesai. Pembelajaran yang sangat bermanfaat.” Demikian kesan Ibu Agustina Retno Kepala SMP Abdi Siswa Patra senada dengan Ibu Tanti selaku Direktur Pendidikan sekolah tersebut.

Hadir pula Miss Cathrine dari BukuAku membekali semua yang hadir berupa Tips Menerbitkan bersama BukuAku. Penjelasannya menarik dan menggugah minat pelajar untuk menulis maupun berkreasi ilustrasi. Dalam kesempatan ini ia juga bagi-bagi hadiah berupa langganan gratis satu bulan untuk baca buku di Aplikasi BukuAku.

Writing Workshop yang dikoorninir oleh Yayasan Rayakultura itu dimulai pukul 09.00 berakhir pada pukul 11.40 WIB ditutup dengan sessi foto bersama. Berjajarlah di panggung silih berganti: SMP Santo Andreas SMPK Sang Timur, SMP Notre Dame, SMP Regina Pacis, SMP Vianney, SMPK Abdi Siswa Patra, SMP Santo Kristoforus 1, SMP Abdi Siswa Bintaro, SMP Abdi Siswa Aries, SMP Mutiara Bangsa 3, SMP Sumpah Pemuda dan SMP IPEKA Tomang.
Sampai jumpa di ICE BSD tempat digelarnya IIBF 2023, tanggal 27 September – 1 Oktober 2023. Pada hari Kamis, 28 September 2023 pukul 10.00, 70 Pelajar TK – SMA Sekolah Abdi Siswa siap menggelar Mini Operet berjudul IT’S TIME TO READ BOOK karya kolaborasi penulis naskah dan lirik lagu Naning Pranoto, musisi TC Sumaryati dan Krismahap sebagai koreagrafer. Kami pentas di Panggung Utama 2 disertai pentas baca dan musikalisasi puisi, peluncuran buku dan pentas sastrawi lainnya.

Sebagai tambahan informasi, seluruh peserta Wisata Literasi IIBF 2023 dapat Piagam, Hadiah Buku dan Minuman Active-Water dan Rohto. Jadual wisata dibuka pukul 11.00 – 14.00 WIB Rombongan Sekolah dipandu Panitia IIBF 2023. Peserta untuk umum dibuka pukul 10.00 – 21.00 WIB, demikian penjelasan dari Ibu Diana Caroline selaku Sie Acara.

Dewan Juri Lomba Menulis Reportase Wisata Literasi: Naning Pranoto (Ketua) Anggota: Shinta Miranda Lies Wijayanti SW, Kurniawan Junaedhie, Asri Indah Nursanti dan Adri Darmadji

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Pendampingan Menulis Buku