News

Berliterasi di Panggung Utama IIBF 2022

MEGAHNYA PARADE PUISI CINTA NKRI GELAR PAMERAN BUKU GLS dan BERBAGI NYAWA

+Quod bene notandum
Yang seharusnya dicatat dengan baik, yang perlu diperhatikan
(Cicero, Orator dan Filsuf Roma, 106-43 SM)

Apa yang seharusnya dicatat dengan baik dan perlu diperhatikan pada bulan November 2022?. Jawabannya, IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) kembali menyelenggarakan Indonesia International Book Fair (IIBF) yang tertunda dampak dari ganasnya pandemic Covid-19 yang mewabah di Indonesia mulai awal Maret 2020. Alhamdulillah, Puji Tuhan, pada pertengahan tahun 2022 wabah tersebut mulai surut. Maka, pada bulan November 2022 IKAPI mendapat izin dari pemerintah untuk menyelenggarakan IIBF dengan dua versi, paduan off-line dan on-line yang disebut hybrid.

IIBF adalah pameran buku tertua dan terbesar di Tanah Air. Gelaran IIBF 2022 merupakan event yang ke 42, berlangsung dari tanggal 9 – 13 November, diikuti oleh 150 penerbit dari dalam dan luar negeri. Pameran buku akbar tersebut diselenggarakan secara off-line di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta dan versi on-line bekerjasama dengan Shopee. IBBF 2022 dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, didampingi Ketua Umum IKAPI – Arys Hilman Nugraha dan Ketua Panitia Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 Wahyu Rinanto.

“Pameran buku IIBF merupakan saksi sejarah bagi perkembangan industri buku Tanah Air. Di ruang inilah para penulis, penerbit, dan pelaku insan kreatif lainnya bertemu. Area yang tak kalah penting, kami menyediakan Zona Kalap dengan 6.000 judul buku tersedia,” papar Wahyu Rinanto, penulis kutip dari Harian Republika. Zona Kalap memberikan diskon antara 20 – 80, menjadi ikon bagi pecinta buku.

Rayakultura bersama Naning Pranoto Digandeng IKAPI

Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu kegiatan Naning Pranoto sebagai Pegiat Gerakan Literasi Sekolah melalui Yayasan Rayakultura digandeng IKAPI untuk ikut serta menyemarakan IIBF 2022. Untuk tahun ini, Rayakultura atas nama Panitia IIBF 2022 mengundang pelajar TK, SD, SMP/SLTP dan SMA/SLTA wilayah Jabodetabek dan Penyair untuk berkegiatan literasi berupa: Pentas Parade Puisi Cinta NKRI di koordinasi oleh Anastasia Rini Pujowati – Guru Kesenian SMP Don Bosco 2 Pulomas Jakarta, Pameran Buku dikoordinir oleh SriMasrifah – Guru Bahasa Indonesia SMPN 115 Jakarta dan Peluncura Buku karya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Cerita-Cerita Kami karya Pelajar Indonesia-Finlandia dikoordinir oleh Asri Indah Nursanti – Kepala SMA Don Bosco 2 Pulomas Jakarta serta Wisata Literasi, dikoordinasi oleh Shinta Miranda selaku pengurus Rayakultura bersama Diana Caroline dari IKAPI/Panitia IIBF 2022. Stand pameran Buku No. 35 Hall B JCC Jakarta.

BACA :   Creative Writing Workshop : Jurus Menulis Cerpen Bersama Naning Pranoto

Selain itu digelar pula Peluncuran Kedua Buku Berbagi Nyawa karya Naning Pranoto yang dibedah oleh Dr. Handrawan Nadesul, dr. Yacobus Prang Buwono, Sp.U dan dr. G.A. Kusmiati, MARS, FISQua – Direktur RS. EMC Sentul City Bogor memberikan sekapur sirih. Seluruh acara digelar di Panggung UtamaIIBF 2022 dihadiri sekitar 700 tamu, dipandu oleh Shinta Miranda. Penerbitan Buku Berbagi Nyawa didukung oleh PT Konimex (Produk Konicare Gel Pengurang Gatal), RS EMC Sentul City Bogor, Yayasan Adaro Bangun Negeri dan PT Rohto Laboratories Indonesia (Produsen Tetes Mata).

Dalam kesempatan ini, Dr. Handrawan Nadesul sebagai penyair, juga meluncuran antologi puisi cinta berjudul Mudah-Mudahan Masih Ada Selasa Lagi Untukku, dibedah oleh Penyair Kurniawan Junaedhie.Hadir sebagai pembaca puisi Herman Syahara, Uki Bayu Sejati, Eddy Pramduane dan Roosetindaro Baracinta dan beberapa siswa yang hadir.

Gelar Gerakan Literasi Sekolah: Lancar dan Megah

Pentas Parade Puisi Cinta NKRI dibawakan oleh 150 pelajar dari TK Don Bosco 2, SD Don Bosco 2, SMP Don Bosco 2 dan SMA Don Bocso Pulomas Jakarta, SMPN 115, SMP Abdi Siswa Patra, SMP Abdi Siswa Aries, SMP Abdi Siswa Bintaro, SMP Ora et Labora Serpong Tangerang Selatan, SMP Don Bosco 3 Cikarang dan SMP Pa van der Stuer Bekasi. Acara tersebut berjalan lancar, megah dan membanggakan, antara lain membawakan lagu Untukmu, Negeriku digubah oleh komponis Anastasia Rini Pujowati (Baca Box: DUA GURU MEMPILAR GLS) dari puisi karya Santika Anjarsari dari Ciamis Jawa Barat, yang menjadi salah satu pemenang Lomba Menulis Puisi bertema “Puisi Penjaga NKRI” tahun 2017. Lomba diprakarsai oleh Tuti Hadiputranto, seorang lawyer terkemuka sektor korporasi dan Mira Adyanti seorang broker terkemuka di Indonesia. Sayang sekali, Santika tidak hadir karena sulit dihubungi olehTim Rayakultura.

BACA :   Pengumuman Pemenang ICLAW Green Pen Award 2019 di Hari Bumi

Peserta Wisata Literasi 500 siswa-siswi SMP dan SMA. Pameran buku yang berlangsung dari tanggal 9- 13 November 2022 diikuti oleh beberapa sekolah antara lain SMP Don Bosco 1 Kelapa Gading Jakarta, SMP Don Boco 2 dan SMA Don Bosco 2 Pulomas Jakarta, SMP Abdi Siswa Patra-Aries-Bintaro, SMP Pa van der Stuer Bekasi dan beberapa sekolah serta guru yang bergabung di bawah payung Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia yang diketuai oleh Ibu Dra. Sri Masrifah, M.Pd (Box: DUA GURU MEMPILAR GLS). Dalam pameran buku tersebut dijaga oleh para siswa-siswi, antara lain dari Grup SMP Abdi Siswa dan Grup MGMP Bahasa Indonesia DKI Jakarta.

“Siswa-siswi kami yang bertugas menjaga stand sangat terkesan dan bangga. Bagi kami IIBF 2022 merupakan wadah untuk berliterasi secara lengkap!” kesan Kepala SMP Patra Jakarta, A. Retno Indriastuti.
Kesan serupa disampaikan oleh Kepala TK Don Bosco 2 Pulo Jakkarta, Theresia Tri Christanti, “Anak-anak kami senang sekali bisa ikut pentas di Parade Puisi Cinta NKRI di Panggung Utama IIBF-2022 yang begitu megah. Tentu ini merupakan pengalaman berharga.”

Kehadiran PT Konimex Menyemarakkan Suasana

Para pelajar dan para tamu yang menghadiri berbagai acara yang digelar Rayakultura mendapat goodie bag yang berisi buku dan produk-produk unggulan PT Konimex berupa minuman Active Water, Wafer Get Git terbaru rasa Cool Choco, Konicare Gel Pengurang Gatal Konicare Gel Pembersih Tangan. Selain itu juga bagi-bagi hampers untuk para pemenang kuis dalam peluncuran buku Berbagi Nyawa.

BACA :   NANING PRANOTO meluncurkan 8 JUDUL BUKU UNTUK REMAJA

Pada umumnya para tamu yang meminum Active Water mengatakan, bahwa minuman isotonic ini terasa sangat segar karena tidak terlalu manis. Wafer Get Git rasa Cool Choco dinilai sangat lezat dan unik. Ada rasa manisnya coklat dan semriwing. Bagi penikmat wafer itu merupakan varian yang langka.

Bagi yang dapat hampers berisi aneka Konicare: Gel Pengurang Gatal, Gel Pembersih Tangan, Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih. “Minyak kayu putih Konicare enak sekali digunakkan sehabis mandi untuk blonyo tubuh. Terasa segar. Tidur jadi nyenyak.” Komentar Frida Alfian, dari Jakarta Barat. Mereka yang mendapat Konicare Pembersih Tangan juga langsung digunakan dan merasa puas, selain wangi gelnya tidak lengket sama sekali.

Dalam kesempatan ini PT Rohto Laboratories juga bagi-bagi produk, khususnya Tetes Mata Rohto Dry Fresh yang bermanfaat untuk menyegarkan mata yang lelah dampak banyak membaca, jangka lama menulis di depan layar computer maupun ‘bermain’ ponsel.

Yayasan Pembina Tunas Farma Mulia (YPTFM) memberikan lima doorprize Stamilic ekstrak black garlic dan PT Luas Birus Utama (Starborn Chemical) memberikan 20 doorprize berupa produk sanitizer dan Buku Blue Society karya Dr. Harris Susanto.


\
Mari, terus berliterasi. Kreativitas Tanpa Batas! (Tim Rayakultura) ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Back to top button
Close