Bhakti Suratto Gelar Lomba Puisi Sastra Hijau

Jumat, 2 Oktober 2015 09:49 WIB

Pewarta: Masuki M. Astro

Surabaya (Antara Jatim) – Yayasan Bhakti Suratto menggelar lomba cipta puisi genre sastra hijau 2015 untuk siswa, mahasiswa, guru dan masyarakat umum dengan tujuan menggugah kesadaran masyarakat agar semakin merawat dan melestarikan bumi serta isinya.

“Sastra hijau adalah sastra yang fokus pada kepedulian merawat dan melestarikan fungsi bumi, rumah kita satu-satunya,” kata ketua panitia lomba Naning Pranoto dalam keterangan tertulis kepada Antara di Surabaya, Jumat.

Ia menjelaskan lomba bertema “Merawat dan Melestarikan Bumi beserta Isinya” itu dibuka 1 Oktober dan ditutup 30 Oktober 2015. Pemenang akan diumumkan 19 November 2015 di laman www.laskarpenahijau.com dan www.rayakultura.net serta media sosial.

Dewan juri dalam lomba ini adalah Maman S. Mahayana (Ketua) dengan anggota Naning Pranoto, Kurniawan Junaedhie, Dodi Mawardi, Ewith Bahar, Adri Darmadji Woko, sementara Shinta Miranda sebagai sekretaris dewan juri.

Ketentuan lomba, menurut Naning, puisi terdiri dari empat bait dan per bait empat larik. Jika puisi ditulis berupa naratif, per bait maksimal delapan larik terdiri dari tiga bait. Karya bukan jiplakan dan tidak sedang dilombakan.

Panitia menyediakan hadiah uang tunia dan penghargaan serta 101 karya puisi pilihan akan dikumpulkan untuk diterbitkan dalam bentuk buku.

Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal dua judul puisi, dilampiri scanning identitas KTP atau kartu pelajar/kartu mahasiswa, foto pose menarik/enak dipandang dan surat pernyataan karya asli yang ditanda-tangani di atas materai Rp 6.000,- kemudian di-scanning, dikirim melalui e-mail ke rayakulutra@gmail.com dengan tembusan ke sekolahmenulis@gmail.com.

Manuskrip puisi yang dilombakan menjadi milik Panitia Lomba dan hak cipta milik penyair. Total karya puisi yang masuk akan diseleksi sebanyak 101 judul dan dipilih pemenang sesuai dengan kategorinya.

“Penyerahan hadiah bagi para pemenang diberikan pada Peringatan Hari Pohon, 21 November 2015 dalam Acara Anugerah Suratto Literary Award. Acara tersebut disertai berbagai pentas sastrawi dan pembacaan serta pentas puisi pemenang,” kata Naning. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer
Sumber : Antara

Comments

comments