HeadlineNews

Ketua IIBF 2023, MAPPA TUTU JUMPA PELAJAR TANGSEL DI LAYAR PRE-EVENT IIBF 2023 PUTARAN KE III

Tiada jarak untuk berkomunikasi jiwa
Satu nafas. Satu tuju. Buku dalam minda
Spirit pun menyala gerak nulis dan baca
Ratusan Pelajar Tangsel pun ber-daring ria
Mata berbinar jumpa Bapak Mappa Tutu – Ketua IIBF 2023
*
Senin cerah, 14 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB perlahan layar zoom terbuka. Tampak wajah-wajah ceria menyambut acara Pelatihan Menulis Reportase Wisata Literasi yang digelar IKAPI bersama Yayasan Rayakultura. Pagi itu hadir sekitar 300 pelajar disertai 23 guru pendamping dari wilayah Tangsel dan Ketua MGMP SMP Tangsel, Ibu Lusiana Adriyani. Hadir Bapak Mappa Tutu selaku Ketua IIBF 2023 memberi sambutan disertai senyuman yang tiada henti membunga. Suasana daring terasa begitu hangat gembira. Para pelajar mendengarkan dengan seksama undangan dari Bapak Mappa Tutu untuk menghadiri gelaran IIBF 2023 di ICE BSD dari tanggal 27 September – 1 Oktober 2023.

“Di Pameran Buku IIBF 2023 banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan dan kita pelajari seputar literasi dan budaya, termasuk gelar budaya dari Korea sebagai peserta kehormatan. ” demikian antara lain undangan dari Bapak Ketua IIBF 2023 yang membuat para pelajar penasaran dan siap ke ICE BSD.

*
Mengunjungi gelaran IIBF 2023 selain menyaksikan stand-stand buku penerbit dalam dan luar negeri serta budaya juga ada program menarik yang bisa diikuti para pelajar, mahasiswa maupun umum yaitu Wisata Literasi dan Pentas Seni – demikian paparan Ibu Diana Caroline sebagai Sie Acara.

“Selain yang dijelaskan Ibu Caroline itu, diselenggarakan Lomba Menulis Reportase Wisata Literasi IIBF 2023 berhadiah uang tunai, buku dan puagam. Yuuuukkk…semua ikut!” Ajak Naning Pranoto selaku mentor pelatihan menulis pagi itu. “Lomba terbuka untuk pelajar SMP-SMA, mahasiswa dan guru serta umum.” Imbuh Naning.
Pagi itu pelatihan pun dimulai dan berakhir pukul 11.00 dilanjutkan lomba spontan menulis reportase selama 15 menit. Yang ditulis liputan pelatihan nenulis daring. Animonya puluhan tulisannya relatif bagus. Dipilih 10 tulisan terbaik mendapat hadiah buku karya Naning Pranoto.

Pukul 11.55 acara berakhir dengan penuh kesan. Ibu Lusi sebagai Ketua MGMP SMP Wilayah Tangsel bersama pengurus dan guru pendamping siap menyertai anak didiknya ke ICE BSD tempat digelarnya IIBF 2023. Mereka ini dari SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 8, SMPN 10, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 17, SMPN 19 , SMPN 21, SMPN 23, SMPI Al Zahra, SMPIT Insan Harapan, SMI Amalia dan SMA Maria Mediatrix.

Sekolah-sekolah dari Tangsel yang hadir dalam Pre-Event IIBF 2023 secara luring di Sekolah Ora et Labora BSD Tangsel adalah SMP Rabbany, SMPN 8, SMA Ora Et Labora BSD, SMP Ora et Labora BSD, SMP Ora Et Labora Pamulang dan SD Ora Et Labora BSD. Total oelajar yang siap meliput IIBF 2023 sekitar 621 pelajar dan guru.

Demikian dalan catatan Shinta Miranda .
Bravo. Reading for Leading

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Pendampingan Menulis Buku