MANUSIA DAN BAHASA

Karya Sides Sudyarto DS

Sembilan puluh persen kegagalan manusia disebabkan kegagalan bahasa. Namun demikian tidak semua manusia peduli apa itu bahasa. Kelebihan manusia ialah, karena ia punya bahasa. Binatang dan tetumbuhan tidak punya bahasa. Kesalahan yang umum terjadi ialah, manusia meremehkan peran bahasa dalam hidupnya. Banyak orang beranggapan, bahwa bahasa tidak perlu dipelajari, dimengerti dan dipahami.

Jika telur menetas, anak itik keluar, langsung bisa berenang. Jika anak manusia dilahirkan, ia tidak segera bisa berbicara. Bayi mesti belajar berkata dan setelah dewasa setiap orang belajar bahasa. Tetapi itu tidak berarti bahwa setiap orang secara otomatis mengerti apa itu hakikat bahasa.

Buku karya Sides Sudyarto DS ini merupakan bacaan untuk semua orang, tetapi juga untuk tidak siapa pun. Artinya buku ini penting hanya bagi mereka yang ingin jadi manusia sukses dan unggul. Untuk itu pasti memerlukan pengetahuan tentang bahasa. Paparan filsafat bahasa, umumnya sulit dipahami. Terlalu berat untuk orang yang bukan pakar. Tetapi buku ini ditulis sedemikian upa, sehingga orang awam, mahasiswa dan sarjana pun bisa menikmati isinya. Asalkan orang tidak buta huruf, bisa membaca buku ini, karena begitu mudahnya untuk dimengerti.

Anda mungkin dekat dengan kekasih, istri atau anak, ayah atau bunda, juga tetangga. Tetapi yang paling dekat dengan Anda, adalah bahasa Anda. Memang bahasa adalah tetangga terdekat manusia. Sebelum bicara dengan tetangga, Anda sudah bicara lebih dulu dengan bahasa. Tahukah Anda bahwa bahasa adalah bunga di mulut kita?

Buku ini terdiri dari tulisan pendek-pendek dalam bentuk tanya jawab. Begitu praktisnya, buku ini bisa dipakai setiap orang tanpa atau dengan guru. Satu tulisan kadang berkaitan dengan politik, kadang dengan ekonomi, kadang dengan seni, kadang dengan agama atau filsafat. Tentu saja, Sebab semua cabang ilmu pengetahuan dan semua bidang kehidupan pasti berhubungan dengan bahasa.

Sides Sudyarto DS adalah seorang penyair, cerpenis dan novelis. Ia juga seorang jurnalis dan editor dan penerjemah. Selama beberapa tahun terakhir ia berkeliling dari satu kota ke kota lainnya di banhyak provinsi untuk menaburkan daya kreativitas dan memotivasi masyarakat terpelajar mendalami ilmu penulisan kreatif (creative writing).

Baru kali ini ada buku seperti itu. Anda bisa mendapatkannya melalui Email: rayakultura@gmail.com atau Jl. Gunung Pancar No. 25, Bukit Golf Hijau, Sentul City, Bogor 16810, Phone/Fax.: 62-21-879.609.40.

Comments

comments