Menulis Artikel Mata Pelajaran

Oleh Naning Pranoto Dan Sides Sudyarto DS

Aktivitas menulis yang dibahas dalam kertas kerja ini bukanlah menulis dalam pengertian menulis huruf atau angka dengan menggunakan pensil atau pen. Melainkan, menulis dalam pengertian ‘mencipta’ karya tulis yang merupakan buah pikiran penulisnya. Karya tulis yang dimaksud, berupa artikel yang layak dijadikan sumber belajar bagi pembacanya. Jadi, posisi penulis sebagai narasumber.

Yang dimaksud dengan penulis dalam konteks kertas kerja ini adalah para guru dari Yayasan Pendidikan Ora Et Labora. Pembacanya, para murid sekolah-sekolah yang ada di bawah di naungan yayasan tersebut. Media yang digunakan untuk menulis berupa blog (web log). Jadi, setiap guru harus membangun blog untuk menyajikan artikel-artikel – sesuai dengan mata pelajar yang diajarkan oleh masing-masing guru. Maka, para guru harus paham dengan seksama: materi apa saja yang akan ditulis pada halaman-halaman di blog yang telah dibangunnya.

Web blog adalah akar kata dari blog yang artinya jenis situs bagian dari website, bersifat personal. Blog muncul di internet pertama kali 17 Desember 1997, Jorn Barger kreatornya. Kemudian disempurnakan oleh Peter Merholz dan dikomersilkan oleh Evan Williams tahun 1999 melalui Prya Lab yang dibeli Google tahun 2003. Evan Williams juga dikenal sebagai kreator Twitter yang membuatnya kaya-raya.

Begitu Google meluncurkan blog, langsung sukses, karena dianggap sebagai sarana publikasi yang bersifat global, ekonomis dan efektif. Jutaan orang pun membangun blog sesuai dengan keperluan mereka masing-masing. Maka muncullah berbagai jenis blog antara lain:

1.Blog Pribadi
2.Blog Politik
3.Blog Spesifik (Bertopik)
4.Blog Kesehatan
5.Blog Sastra
6.Blog Riset
7.Blog Agama
8.Blog Petunjuk
9.Blog Bisnis
10.Blog Media
11.Blog Traveling
12.Blog Pendidikan

Yang dibahas dalam kertas kerja ini adalah Blog Pendidikan, khususnya tips menulis artikel untuk disajikan di blog yang dibangun oleh masing-masing guru.

Blog Pendidikan (BP) lazim disebut Education Blog, lazimnya dibangun oleh para guru atau pelajar untuk tujuan pendidikan. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan untuk menulis bukan bahasa gaul, prokem, slank maupun bahasa tutur yang lazim digunakan untuk menulis di blog pribadi. Bahasa yang digunakan untuk BP merupakan bahasa tulis formal bergaya ilmiah populer, sehingga enak dibaca (juicy). Blog tersebut pasti banyak diminati, beribu-ribu tangan mengaksesnya..

Comments

comments