NANING PRANOTO MEMBIMBING SISWA MENULIS BUKU

Tahu tentang Jakarta Melalui Karya Anak Sekolah!

Oleh Jessica Rachel

Young and talented! Melanjutkan tradisi menerbitkan buku siswanya, SMP Don Bosco II kembali mengajak siswa untuk melatih kemampuan menulis lewat buku Hiruk-Pikuk Kota Jakarta dan Lingkungannya.

Acara peluncuran dan bedah buku diadakan pada suatu siang di bulan Mei dan dihadiri oleh sastrawan Dra. Naning Pranoto, M.A. dan Pengawas Dinas Pendidikan Kotamadya Jakarta Timur, Dr. Agus Sukoco, M.M. di Gramedia Mal Kelapa Gading.

Sebelumnya, SMP Don Bosco II telah menerbitkan buku kumpulan puisi Jeruji Waktu dan Dawai Irama Alam yang mendapat apresiasi dari dalam dan luar negeri. Meskipun fokus pada lingkungan, dalam buku ini kita juga bisa melihat budaya dan kuliner Jakarta dari sudut pandang anak sekolah!

Awalnya, buku yang jadi perwujudan Gerakan Literasi Nasional yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah hasil karya siswa yang mengikuti ekstrakulikuler ‘Program Pena Hijau’, penulisan kreatif yang dibimbing oleh Dra. Naning Pranoto, M.A.

Tulisan siswa kemudian dibentuk menjadi sebuah buku – kumpulan dua puluh lima esai dengan ilustrasi yang juga merupakan karya siswa SMP Don Bosco II. Dengan ini, generasi muda jadi akan lebih aware tentang pentingnya menjaga lingkungan Jakarta. We love to see their future projects!

Sumber: cosmogirl.co.id

Comments

comments