Pembatalan Pemenang 3 Kategori B LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014

Salam Sastra Hijau,

Kami telah mempelajari dengan seksama kasus dan polemik di jejaring sosial tentang dugaan praktik plagiat oleh Pemenang 3 Kategori B LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014 Cerpen berjudul ELEGI UNTUK PONG karya Khairiyyah Azzahro dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Cerpen tersebut diduga memplagiat novel berjudul PING, A MESSAGE FROM BORNEO karya Riawani Elyta dan Shabrina WS, diterbitkan oleh Penerbit Bentang Belia Yogyakarta. Kami juga menerima beberapa laporan dari pihak-pihak yang pernah membaca novel tersebut.

Untuk menemukan kebenaran secara akurat, kami membandingkan ELEGI UNTUK PONG dengan PING, A MESSAGE FROM BORNEO berdasarkan ‘rumus plagiat’ dan mengkaji laporan-laporan yang masuk serta mendalami surat pembelaan Khairiyyah Azzahro. Akhirnya kami menemukan jawabannya, memang terjadi praktik plagiat.

Perum Perhutani sebagai penyelenggara LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014, salah satunya bertujuan untuk mencari bibit-bibit pengarang muda berbakat dan kreatif, memiliki kepekaan dan kecintaan pada hutan dan lingkungan. Lebih utama lagi, Perum Perhutani sebagai penyelenggara LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014 sangat menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran para peserta dalam mengikuti lomba.

Sehubungan dengan visi dan misi Perum Perhutani tersebut di atas, melalui pengumuman ini Dewan Juri LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014 membatalkan Cerpen EELEGI UNTUK PONG sebagai Pemenang 3 Kategori B LMCHL Perhutani Green Pen Award 2014.

Kami haturkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menemukan kebenaran agar dunia literasi Sastra Hijau Indonesia makin memiliki jiwa kilau Illahi sebagai medium untuk merawat dan melestarikan bumi. Khususnya, hutan dan lingkungan tempat kita berkeluarga, bersosialisasi, berkarya-berprestasi dan di atas segalanya: ruang kubah agung kita untuk bersembah sujud kepadaNya. Amin.

*) Catatan: Jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan silakan mengadu pada Yayasan Reproduksi Cipta Indonesia (YRCI) beralamat di Jl. Plaju No.10 Jakarta Pusat.

Comments

comments

Tags: