PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA MENULIS CERPEN OBOR AWARD 2013

pengumuman-obor-award2013

Puji syukur  kepada  Tuhan Yang Maha Esa, Lomba Menulis Cerpen Obor Award 2013 (LMCOA 2013) yang kami selenggarakan telah selesai. LMCOA 2013, merupakan lomba pertama dan diikuti  oleh 159 judul cerpen. Pesertanya dari berbagai kota di Indonesiajuga warga negara Indonesia yang bermukim di Malaysia dan Singapore.

Merupakan kabar gembira bahwa peserta LMCOA 2013 didominasi oleh kaum muda, yang menurut pengamatan kami adalah ‘pendatang baru’ di kancah lomba menulis cerpen sastra di negeri tercinta ini.  Di antara mereka ini dengan semangat dan penuh percaya diri  mengirimkan karya lebih dari satu judul. Tidak sedikit pula, sebelum mereka mengirimkan karya, melayangkan pertanyaan berkali-kali kepada Panitia: Apa yang dimaksud dengan karya bernafaskan kearifan warna lokal?

Pertanyaan tersebut terus bergulir hingga menjelang penutupan LMCOA 2013, pada 17 Agustus 2013. Ketika Dewan Juri mulai menilai cerpen-cerpen peserta lomba, terkuaklah bahwa karya yang  bernafaskan atau mengangkat kearifan warna lokal jumlahnya hanya sekitar 60%. Dari 60% karya ini, hanya dua pertiganya material cerpen  yang diolah matang berdasarkan idealnya elemen cerpen: plot, sudut pandang, tokoh/pelaku, dialog, konflik (internal dan eksternal), setting (tempat dan waktu) serta mood (suasana/atmosfir yang memberi ruh karya).  Segi penilaian didasarkan pada:  keaslian ide/materi, gaya bahasa, isi dan bobot cerita, struktur,  gaya penyajian dan inovasinya.

Berdasarkan kriteria tersebut di atas, Dewan Juri memutuskan bahwa LMCOA 2013  pemenangnya disusun sebagai berikut:

Cerpen Terbaik dimenangkan oleh Ki Pawon, karya Heri Nurdiansyah, Bandung – Hadiah Tur Sastra ke Singapura menghadiri Singapore Writers Festival 2013 (Tiket Jakarta-Singapura-Jakarta komplit dengan Airport Tax, Akomodasi dan Konsumsi, Uang Saku, mengikuti serangkaian acara Singapore Writers Festival 2013 dan puncak dinner bersama Peter James – penulis kelas dunia). Cerpen Ki Pawon akan dimuat dalam Antologi Cerpen Dua Negara, diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor dan mendapat royalti dari penjualan antologi tersebut.

Cerpen  Unggulan Utama dimenangkan oleh Pudarnya Impian Uma’, karya Khoiriyyah Azzharo, Banjarmasin – Hadiah Uang Tunai Rp 1.000.000,-, cerpen tersebut akan dimuat dalam Antologi Cerpen Dua Negara, diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor dan mendapat royalti dari penjualan antologi tersebut.

5 (Lima) Cerpen Unggulan berhadiah uang tunai masing-masing Rp 500.000,- dimenangkan oleh
Cerpen Peci Putih  karya Gus Muhammad AR,  Karawang
Cerpen Merbot  karya Kupret el-Kazhiem, Ciputat Tangerang
Cerpen Hujan Ketika Bulan Tak Memerah  karya Vinny Erika Putri, Cirebon
Cerpen Lumbung Air Mata  karya Kartini F. Astuti, Cianjur
Cerpen Dangderia Cut Abang karya Mellyan Cutkeumala Nyakman, Banda Aceh

10 (Sepuluh) Cerpen Propektif, masing-masing pemenang mendapat hadiah Paket Buku Sastra terbitan Pustaka Obor.  Para pemenang:
Cerpen Kopi karya Armin Bell, Ruteng Flores
Cerpen  Antara Dua Khutbah karya Gusrianto (Uda Agus), Payakumbuh
Cerpen Nasi Campur karya Valentino Yunathan Febianto Djaja Sastra, Singapura
Cerpen Laso karya Rianasari, Tangerang
Cerpen Rumah Pohon Palele karya Emi Aladjai, Depok
Cerpen Mantera Nyetri Mbok Waldjnah karya Aksan Taqwin, Lamongan
Cerpen Kerang, Gurita dan Dongeng Maut karya Ni Made Purnama Sari,  Denpasar – Bali
Cerpen Ratapan Kemarau karya  Anaci Tnunay, Kupang NTT
Cerpen Beras karya  Irsyad Dilsyukri, Sleman Yogyakarta
Cerpen Lelaki Pemetik Genjer, Jekulo Kudus

Setiap pemenang mendapar Piagam Penghargaan.
Keputusan Dewan Juri adalah FINAL. TIDAK ADA SURAT MENYURAT

Jakarta 15 September 2013

Salam Sastra dan Budaya,

Naning Pranoto – Ketua Pelaksana

Catatan:
Para peserta LMCOA 2013 mendapat Piagam Peserta Digital. Bagi yang menginginkan memperoleh piagam, silakan kirim akun e-mail  ke inbox  FB Arief Setiawan
Penyerahan hadiah untuk pemenang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 September 2013, pukul 14.00 WIB – selesai. Tempat di Yayasan Pustaka Obor, Jalan Plaju No.10 Jakarta Pusat (Transportasi jika menggunakan kereta api turun di Stasiun Sudirman Dukuh Atas dan jika menggunakan transjakarta turun di Halte Busway Tosari. Dilanjutkan berjalan kaki 500 meter ke arah kanan)
Bagi yang akan hadir pada Butir 2 harap konfirmasi kehadiran melalui inbox FB Arief Setiawan cc ke inbox FB Oboraward Komunitas, paling lambat 20 September 2013 pukul 22.00 WIB.  Transportasi dan akomodasi  menjadi tanggung jawab masing-masing hadirin.
Bagi pemenang yang tidak hadir, hadiah akan dikirim paling lambat  3 (tiga) minggu setelah pengumuman.

Comments

comments