Remaja Sumatera Barat Antusias Ikut Creative Writing Workshop

Oleh: Maghriza Novita Syahti

Sebanyak 200 remaja Sumatera Barat antusias mengikuti Creative Writing Workshop (CWW) yang digelar Rabu (25/5) siang di gedung Palanta Kota Padang. Mereka berasal dari berbagai sekolah dan universitas di Sumatera Barat.

Pembukaan Creative Writing Workshop yang dimulai pukul 14.00 WIB ini dihadiri oleh Wakil Walikota Padang, Kadispora Kota Padang yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemuda Bapak Yuherdi, Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang Bapak Musfi Yendra, Pemimpin Redaksi inioke.com Ria Febrina, S.S.

Creative Writing Workshop ini merupakan iven tahunan PT Rohto Laboratories dan rayakultura dalam rangka mempromosikan Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR). CWW digelar berupa workshop menulis kreatif.

Bapak Sides Sudyarto DS membuka workshop dengan membedah cerpen “Perempuan Simpang” karya Dodi Prananda yang meraih juara I dalam LMCR tahun lalu. Menurut beliau, cerpen ini memiliki kalimat yang singkat-singkat namun indah. “Sesuatu yang luar biasa ditulis oleh seorang Dodi Prananda yang masih pelajar,” ungkap Bapak Sides. Menurut beliau, cerpen “Perempuan Simpang” ini memiliki dua hal yang misterius yang tak tersampaikan.

Setelah bedah cerpen, Ibu Naning Pranoto menyampaikan materi menulis kreatifnya kepada ratusan remaja yang memiliki minat yang tinggi terhadap menulis. Di sela workshop, juga digelar lomba cipta judul. Peserta antusias mengantre giliran untuk menyebutkan judul cerpen yang ditentukan temanya. Bapak Sides siap memberikan nilai terhadap judul-judul tersebut. Satu orang yang memiliki nilai tertinggi berhak mendapatkan doorprize berupa buku dan paket dari PT Rohto Laboratories Indonesia. Tak hanya pemenang lomba cipta judul yang beruntung siang itu, yang berulang tahun pada 25 Mei itu pun diberikan doorprize.

Setelah acara berakhir, peserta sibuk berkonsultasi dengan pemateri yaitu Ibu Naning Pranoto dan Bapak Sides Sudyarto DS. Selain berkonsultasi, mereka juga meminta tanda tangan beliau untuk dibubuhi di buku yang beliau tulis. Tak sedikit pula yang berfoto bersama sore itu.

Di Sumatera Barat, CWW telah digelar untuk kedua kalinya. Pertama, digelar pada tahun 2008, dan kedua akan digelar besok (25/5) di Gedung Palanta Walikota. Kali ini, PT. Rohto Laboratories bekerja sama dengan Media Online Remaja www.inioke.com.

CWW ini dihelat bersamaan dengan kunjungan PT. Rohto Laboratories ke Kota Padang untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi pelajar Sumatera Barat karena berhasil menjadi juara dalam Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) pada tahun 2010 lalu. Dodi Prananda, siswa SMA 1 Padang, berhasil meraih Juara I LMCR 2010 Kategori B (Tngkat SMA/SMK/MA) dengan karyanya yang berjudul Perempuan Simpang.

Menurut Naning Pranoto, Ketua LMCR PT Rohto Laboratories, Sumatera Barat patut diberikan apresiasi dalam dunia tulis menulis. Sejak tahun 2008-2010, beberapa siswa/mahasiswa Sumatera Barat terus mengukir prestasi sebagai jawara LMCR.

Dari pengakuan Naning Pranoto, karya dari peserta Sumatera Barat selalu menjadi terbanyak. Pada tahun 2010 misalnya, dari 1800 naskah yang masuk, sebanyak 350 naskah merupakan karya dari Sumatera Barat. (*)

Sumber: http://inioke.com/konten/6693/remaja-sumatera-barat-antusias-ikut-creative-writing-workshop.html

Comments

comments