Ungkapan Konjen Tri dan Konjen Hery Setelah Baca Buku Berhikmah BMI

Dunia literasi di kalangan Buruh Migran Indonesia (BMI) tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini dibuktikan dari sebuah buku berjudul Kisah Berhikmah berisi 25 karya tulisan BMI di berbagai negara yaitu Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Belanda, Dubai, Australia, Amerika, New Zealand dan purna BMI di Indonesia.


Buku setebal 289 halaman ini pun rupanya sudah dibaca Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat dan Konsul Jenderal RI di Jeddah, M. Hery Saripudin.

Konjen Tri Tharyat mengaku bangga atas kepercayaan pihak panitia kepada dirinya untuk membuka acara perlombaan di Hong Kong pada April 2017 lalu. Dia juga mendorong buruh migran untuk aktif menulis hal yang positif.

“Tulisan dalam buku ini mecerminkan perasaan dan sikap BMI di berbagai negara dan patut dibaca oleh pemerintah, BMI lain, calon BMI dan pihak lain yang berkepentingan,” katanya saat dikonfirmasi LiputanBMI, Jumat (10/11).

Hal senada juga diungkapkan Konjen RI Jeddah, M. Hery Saripudin setelah membaca buku tersebut. Menurutnya buku itu sangat inspiratif. Dari 25 karya yang disuguhkan, dua diantaranya ditulis buruh migran di Arab Saudi.

Untuk mendapatkan buku tersebut Konjen Hery sampai rela mendatangi seluruh gramedia di Jakarta.

“Saya cari di seluruh gramedia di Jakarta. Hanya ada di matraman,” katanya.

“Satu buku sudah tamat saya baca sepanjang perjalanan Jakarta-Jeddah. Sangat inspiratif,” ujarnya.

Untuk diketahui, kumpulan 25 karya tulisan tersebut merupakan hasil lomba menulis tingkat internasional yang diselenggarakan IClaw. Digagas Yeni Fatmawati Fahmi Idris dan diterbitkan oleh Kosa Kata Kita (KKK). Ketua Pelaksana Lomba Naning Pranoto dan dewan juri Adri Darmaji Woko, Didien Pradoto, Shinta Miranda, Yeni Fatmawati Fahmi Idris dan Yeni Mulati Achmad.

Sumber: LiputanBMI.com

Comments

comments

Tags: