Academic WritingReview

WAJAH SEBUAH VAGINA KARYA NANING PRANOTO: KETIDAKADILAN DAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

Skripsi Oleh Marlina BR Tarigan

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan dan jenis-jenis kekerasan yang dialami oleh tokoh utama Mira dalam novel Wajah Sebuah Vagina. Dalam penelitian ini, telah dikumpulkan data dengan menggunakan metode membaca heuristik dan hermeneutik dengan teknik simak dan catat. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori struktural dan teori feminisme, yaiti feminisme radikal.

Dari analisis diperoleh hasil bahwa cerita dalam novel ini disusun ke dalam bentuk alur campuran (progresif-regresif), latar dalam cerita ini berupa latar fisik, latar waktu, dan latar sosial. Tokoh yang dianalisis dalam karya ilmiah ini terdiri dari tokoh utama (protagonis dan antagonis) dan tokoh tambahan yang digolongkan pada tokoh statis dan tokoh dinamis. Adapun tema dalam novel ini adalah ketidakadilan gender yang berujung pada tindak kekerasan. Sedangkan hasil analisis dari bentuk-bentuk ketidakadilan yang dialami tokoh Mira adalah ketidakadilan dalam bentuk stereotipe, marginalisasi, kekerasan, dan subordinasi dalam pekerjaan sedangkan jenis-jenis kekerasan yang dialami Mira adalah kekerasan pada arena domestik yang terdiri dari kekerasan seksual, kekerasan fisik, kekerasan emosional, dan kekersan dalam bentuk pelacuran serta kekerasan dalam arena publik yang terdiri dari kekerasan seksual dan kekerasan fisik.

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Comments

comments

BACA :   Dari Realita Elegi Menuju Religi
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Back to top button
Close
Pioneer Creative Writing By Zoom
Inspirasi Nulis Puisi dan Prosa